Sabtu, 23 April 2016

Dampak Pergaulan Bebas Di Kalangan Remaja

Akbarmuhammad.blogger.blogspot.com


" Dampak Pergaulan bebas dikalangan pelajar "
Pengertian, Penyebab dan Ciri-ciri

PERGAULAN BEBAS

A. Pengertian Pergaulan Bebas


Kita tentu tahu bahwa pergaulan bebas itu adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang, yang mana “bebas” yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma ketimuran yang ada. Masalah pergaulan bebas ini sering kita dengar baik di lingkungan maupun dari media massa. Remaja adalah individu labil yang emosinya rentan tidak terkontrol oleh pengendalian diri yang benar. Masalah keluarga, kekecewaan, pengetahuan yang minim, dan ajakan teman-teman yang bergaul bebas membuat makin berkurangnya potensi generasi muda Indonesia dalam kemajuan bangsa.


B. Penyebab Maraknya Pergaulan Bebas Remaja Indonesia

Ada banyak sebab remaja melakukan pergaulan bebas. Penyebab tiap remaja mungkin berbeda tetapi semuanya berakar dari penyebab utama yaitu kurangnya pegangan hidup remaja dalam hal keyakinan/agama dan ketidakstabilan emosi remaja. Hal tersebut menyebabkan perilaku yang tidak terkendali, seperti pergaulan bebas & penggunaan narkoba yang berujung kepada penyakit seperti HIV & AIDS ataupun kematian. 

Berikut ini di antara penyebab maraknya pergaulan bebas di Indonesia:



1. Sikap mental yang tidak sehat 


2. Pelampiasan rasa kecewa


3. Kegagalan remaja menyerap norma  




C. Ciri-Ciri Pergaulan Bebas

1. Penghamburan harta untuk memenuhi keinginan yang di inginkannya

2. Upaya mendapatkan harta dan uang dengan menghalalkan segala cara termasuk dari jalan             yang haram dan keji

3. Menimbulkan perilaku munafik dalam masyarakat

4. Rasa ingin tahu yang besar

5. Rasa ingin mencoba dan merasakan seperti ( narkoba , merokok , dan lain lainnya )




D. Cara Mengatasi Pergaulan Bebas


A. Mengisi Waktu Luang Dengan Kegiatan Menyenangkan 

Ada banyak kegiatan positif yang menyenangkan. Mulai dari ikut eskul sekolah, bakti sosial, mengasah bakat, ikut menjadi relawan saat ada bencana dan masih banyak lagi lainnya, Kegiatan ini jauh lebih positif daripada hanya bermalas-malasan dan keluyuran. Pergaulan bebas biasanya dimulai dari kebiasaan remaja yang suka keluyuran dan berkumpul tanpa tujuan bersama teman-teman. 


B. Memilih Teman Dengan Cermat

Salah satu cara mengatasi pergaulan bebas adalah dengan jeli memilih teman. Jika kalian mengamati perilaku teman tersebut tidak baik, segera jauhi dengan baik-baik. Jangan menoleris sikap tersebut. Sebab jika Anda terus-menerus menolerir, bisa jadi Anda yang terseret dalam perilakunya yang tak baik.


C. Berkegiatan di Rumah

Meluangkan waktu di rumah merupakan pilihan yang menyenangkan. Anda bisa lebih dekat lagi dengan anggota keluarga lainnya. Bisa menghemat ongkos keluar dan juga tenaga tentunya. Ada banyak hal menarik dan bermanfaat yang bisa Anda lakukan di rumah. Jika tidak ada hal yang penting, tidur sekalipun jauh lebih baik dibandingkan keluyuran tidak jelas bukan? 


D. Perdalam Agama 

Pemahaman agama yang baik merupakan cara paling ampuh mengatasi pergaulan bebas. Agama merupakan benteng paling kokoh yang mencegah seseorang berbuat hal yang merusak baik bagi diir sendiri maupun orang lain. 


E. Campur Tangan Pemerintah Dan Orang Tua 

Pemerintah wajib mengawal peraturan untuk menertibkan pergaulan remaja. Memberi fasilitas layanan juga sosialisasi agar mereka jauh lebih paham bahaya yang mengintai di balik “kerennya” pergaulan bebas. Selain itu, orang tua juga harus menjadi penjaga dan pendidik terbaik bagi anak-anaknya. Mereka yang keluarganya hangat dan harmonis, cenderung mampu memiliki lingkungan yang baik pula. Demikian cara mengatasi pergaulan bebas yang bisa Anda terapkan. Semoga membantu yah.......!

Kesimpulan : Pergaulan Bebas itu harus di hidari , apalagi sekarang kita sudah mengenal yang namanya medsos ( media sosial ) seperti fb , twitter dan lain lainnya , itu bisa berdampak buruk bagi penggunanya , termasuk bagi perkembangan remaja saat ini yang rasa ingin tau tentang apa saja yang dia tidak mengetahuinya , 


jadi " Katakan tidak pada pergaulan bebas dan jadilah orang yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain."


Terimakasih.....@@@@ 


Wassalamu"alaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar